.
Penanaman Pohon Serentak Masyarakat Desa Tahun 2023
Rumpin - Pemerintah Kecamatan Rumpin bekerjasama dengan BPLHK Bogor, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Desa Rabak laksanakan kegiatan penanaman pohon secara serentak di Desa Rabak, Kecamatan Rumpin (21/03/2023)

Sejumlah masyarakat di Desa Rabak, Kecamatan Rumpin lakukan penanaman pohon di sejumlah titik lokasi. Pada kegiatan turut serta unsur pemerintahan, organisasi dan lembaga masyarakat, pemuda, serta non pemerintahan yang melakukan penanaman secara simbolis.

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan rencana yang telah disusun dari jauh-jauh hari dengan tujuan sebagai upaya untuk menghijaukan lingkungan terutama sepanjang jalan di Kp. Sampay yang merupakan lokasi pembangunan jalan dari program Samisade. Selain itu, kegiatan teesebut merupakan seremonial pembuka pada kegiatan pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan oleh BPLHK Bogor dan CDK Wilayah I Provinsi Jawa Barat di Desa Rabak bekerjasama dengan pemerintahan setempat.

Sebanyak 1.200 bibit pohon dengan 7 jenis tanaman telah di distribusikan. Usai kegiatan penanaman para tamu undangan dibawa ke lokasi Kampung KB yang merupakan ikon pembangunan Desa Rabak berbasis masyarakat untuk mengenalkan potensi dan sumber daya di Desa Rabak, Kampung KB, serta rencana kerja dan program dari kedua instansi terkait yang akan melaksanakan pemberdayaan masyarakat disana.

Kerjasama lintas sektor ini diharapkan dapat meningkatkan akselerasi pembangunan di Desa Rabak, tentunya denfan melibatkan masyarakatnya sebagai subjek pembangunan. Di sisi lain, keberhasilan pembangunan yang ditargetkan, diharapkan dapat mendorong ke 13 desa lain di wilayah Kecamatan Rumpin untuk melaksanakan kegiatan serupa berdasarkan potensi dan sumberdaya di wilayahnya.

#kabupatenbogor
#rumpin
#kecamatanrumpin
#pancakarsa
#rumpinjugala
#bogorsportandtourism
#jabarjuara
#jabarjuaralahirbatin
#bogormaju
#bogormembangun
#bogorcerdas
#bogorberkeadaban
#bogorsehat