.

 


Peran puskesmas dalam pelayanannya tidak saja melakukan pengobatan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitatif) namun juga harus melakukan pencegahan (preventif) serta peningkatan (promotif) perilaku kesehatan baik untuk pegawai puskemas dan masyarakat sekitar wilayah kerja puskesmas.  Upaya-upaya peningkatan kesehatan selama ini hanya dilakukan melalaui penyuluhan-penyuluhan dalam gedung dengan metode manual tanpa melibatkan media on line (media sosial). Topik-topik kesehatan yang disampaikan pun kurang beragam demikan juga dengan sasarannya, hanya menjangkau kelompok-kelompok tertentu saja.

 

Permasalahan tidak berhenti disitu saja, tingkat ketegangan pegawai sebagai pelayan masyarakat cukup tinggi di tingkat fasilitas kesehatan tingkat dasar terlebih dengan jumlah pasien yang semakin meningkat sebagai akibat Pandmei Covid-19, untuk itu perlu adanya peregangan (relaxsasi) pada waktu-waktu tertentu saat pelayanan agar pegawai tetap dalam kondisi bugar dan terhindar dari stres di tempat kerja.

 

Menyikapi kondisi tersebut, Puskesmas Cicangkal meluncurkan terobosan sebagai bagian dari Program Olah Raga yaitu Edukasi Relaxsasi On Line (DUREN). Kegiatan ini ditujukan pada seluruh pegawai Puskesmas Cicangkal dan masyarakat di wilayah binaan. 

 

Inovasi DUREN juga didasarkan kondisi Covid-19 yang membatasi runag gerak dan tatap muka, sehingga kegiatan olah raga baik di dalam gedung maupun luar gedung tidak dapat dilaksanakan. Dengan pemanfaatan media sosial (whatsapp), maka pengelola inovasi DUREN dapat menyebarluaskan kegiatan relaksasi (video) secara luas untuk selanjutnya diimplementasikan oleh sasaran. Media ini juga menjadi sarana informasi dan pengingat agar tidak lupa melakukan kegiatan relaksasi.