.
PASUKAN PENGIBAR BENDERA (PASKIBRA) KECAMATAN RUMPIN



PPKR (Purna Paskibra Kecamatan Rumpin) adalah suatu organisasi kepemudaan yang beranggotakan eks/mantan anggota Pasukan Pengibar Bendera yang melaksanakan tugas setiap tanggal 17 Agustus dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya di Kecamatan Rumpin. Dalam setiap tahunnya keanggotaan PPKR selalu bertambah 27 sampai 30 orang sesuai dengan jumlah anggota Paskibra di kecamatan Rumpin hasil dari seleksi para siswa siswi SLTA yang berada di daerah Kecamatan Rumpin.

 

Untuk cikal bakal paskibranya itu sendiri mulai ada semenjak SMA Negeri 1 Rumpin berdiri pada tahun 1987. Waktu itu setiap peringatan HUT RI selalu melakukan Pengibaran dengan beranggotakan 3 orang saja. Baru mulai tahun 1990 pengibarnya berbentuk satu Pasukan dengan beranggotakan 30 orang yang semuanya siswa dan siswi SMA Negeri 1 Rumpin, dengan coordinator Ibu Hj. Nina Okti Marjuslaeni dan pelatih dari Kapolsek Rumpin. Tradisi ini berlanjut hingga sekarang.

 

Pada tahun 1992 ada siswa dari SMA Negeri 1 Rumpin yang terpilih untuk menjadi PASKIBRAKA mewakili Kabupaten Bogor untuk mengibarkan Bendera Duplikat Pusaka Merah Putih di tingkat Jawa Barat yang bernama Popo Syarif Fadilah. Dengan berbekal pengalamannya tersebut dia mulai merintis pelatihan Paskibra di Kecamatan Rumpin dengan merujuk ke pelatihan Paskibraka di Jawa Barat.

 

Tepat di tahun 1995 tata cara dan bentuk formasi sudah disesuaikan dengan tingkat Jawa Barat dan Nasional, hal ini dengan di buatnya bendera latihan yang di Jahit tangan oleh Ibu Hj. Uko Komariyah (Almh) Ibunda dari Kang Popo sendiri dan sesuai dengan ukuran Nasional berikut bendera Merah Putih nya juga yaitu 200 cm x 300 cm, kemudian tali bendera sudah dengan system bandul kayu (waktu itu menggunakan kayu pohon jambu klutuk) yang dibuat oleh Kang Popo. Bendera Latihan tersebut sampai dengan sekarang masih terawat dengan baik, dan dijadikan Bendera Latihan Pusaka oleh PPKR. Pada waktu itu pelatih paskibra di pimpin oleh Kang Popo dan di bantu oleh Kang Herry (Kipong). Rentang waktu dari tahun 1995 sampai dengan 2001 masih belum terbentuk apa itu yang namanya PPKR dan yang selalu menjadi anggota Paskibra itu selalu dari siswa dan siswi SMA Negeri 1 Rumpin. Karena kesibukan akan kerjaan dari Kang Popo mulai tahun 1999 Pelatih paskibra Rumpin berganti-ganti mulai dari Kang Asep Kurniawan dan rekan-rekan sampai ke Kang Mahjuro beserta rekan-rekan. Tetapi dalam hal seleksi dan pembentukan formasi Kang Popo masih tetap yang menanganinya.

 

Pada tahun 2004 ada masukan dan usulan dari pihak sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Rumpin agar diadakan penyeleksian gabungan untuk tujuan pemerataan sebagai calon paskibra rumpin, akan tetapi hal tersebut belum terlaksana karena pada tahun tersebut pihak kecamatan menunjuk pihak SMK Islam Permatasari 1 untuk bertugas melaksanakan pengibaran pada 17 Agustus 2004. Jadi pada tahun 2004 kegiatan vakum karena pada tahun tersebut pengibaran dilaksanakan oleh PATAS 1 dan mereka memilih Pelatihnya dari PPI Tangerang, jadi dalam tahun tersebut kegiatan sempat terhenti. Kemudian pada tahun 2005 Kang Mahjuro mengajukan pembentukan panitia kecil untuk penyeleksian gabungan Paskibra Kecamatan Rumpin dan mengadakan Musyawarah Besar yang Pertama pada tanggal 13 Januari 2005 dengan para eks/mantan Paskibra dari tahun angkatan 1995 sampai dengan 2003 dan menghasilkan mupakat struktur kepengurusan Purna Paskibra Kecamatan Rumpin sebagai berikut :

 

Ketua            : Mahjuro

Wakil            : Taufik Apriandi

Sekretaris     : Ridwan Kadarmanto

Bendahara    : Nia Risniawati.

 

Para pengurus tersebut langsung bekerja dengan mengadakan latihan gabungan pertama yang diikuti oleh sekolah-sekolah sebagai berikut:

        1.       SMA Negeri 1 Rumpin

        2.       SMKI Permatasari

        3.       An-Najah

        4.       Al-Baqiyatussolihah

        5.       MA. Mathaul Anwar

 

Dari jumlah tersebut yang bertahan sampai dengan penyeleksian hanaya ada 2 sekolah saja yaitu SMAN 1 Rumpin dan SMKI Permatasari, pada tahun ini pula mulai diperkenalkan Training Center (TC) kepada para capas nya dengan mengambil lokasi di Balai Diklat Kehutanan. Semua kegiatan ini dengan di ketahui oleh Kang Popo

 

Tahun 2006-2007 kembali pihak Kecamatan menunjuk SMAN 1 Rumpin untuk melaksanakan tugas pengibaran karena ada sejumlah sekolah yg belum siap dan belum sanggup. Kemudian baru pada tahun 2008 baru bisa terlaksana seleksi gabungan seluruh sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Rumpin yang terdiri dari beberapa SLTA/Aliyah dan pada tahun tersebut melibatkan 6 Sekolah yaitu:

        1.       SMAN 1 Rumpin

        2.       SMA An-Najah

        3.       SMKI Permatasari 1

        4.       SMKI PErmatasari 2

        5.       SMKI As-Syuhada

        6.       SMA PGRI Rumpin

 

Pada tahun 2012 terbersit ide untuk menambah pasukan dengan PAsukan 45 yang pada awalnya akan dibentuk dengan mengumpulkan para Purna yang ada. Tetapi teringat dengan SAT BRAVO TNI AU yang kebetulan posisi markas ada di wilayah Kecamatan Rumpin. Maka dengan di motori oleh Kang Popo mengajukan permohonan Pasukan 45 ke pihak yang bersangkutan dan ternyata mereka dengan antusias menyambutnya. Semenjak itu semakin lengkaplah kegiatan HUT RI di Kecamatan Rumpin dengan hadirnya Pasukan Pengiring dari SAT BRAVO TNI AU hingga sekarang dan merupakan kebanggaan tersendiri karena tidak semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor memakai Pasukan 45 dari Anggota TNI.

 

Demikian sekelumit perjalanan lahirnya PPKR (Purna PAskibra Kecamatan Rumpin) semoga bermanfaat hingga akhir hayat. Berharap PPKR bisa mengadakan kegiatan-kegiatan selain HUT RI yang bermanfaat bagi generasi muda Rumpin Khususnya dan generasi Bangsa Indonesia itu sendiri. Salah satunya Lomba Ketangkasan Baris Berbaris pada Februari 2016 yang lalu semoga berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Aamiiinn……

 

Berikut Ketua PPKR dari pertama sampai dengan sekarang yang pernah menjabat :

        1.       MAHJURO periode 2005 – 2008

        2.       ABDUL HAMID   periode 2008 – 2011

        3.       SAEPUL BAHRI  periode 2011 – 2014

        4.       SAEPUL BAHRI  periode 2014 – 2017

        5.       RIAN SURYANA  periode 2017 – 2022

        6.       DIKO UTAMA RAHMAT, S.H. periode 2022 - 2027

 

 

PROFIL PEMBINA PPKR

Nama Lengkap   : Popo Syarif Fadilah, SE. TTL   : Bogor, 17 April 1975

Alamat               : Jl. Prada. Samlawie No. 17 Ds. Kec. Rumpin Bogor

Phone Number   : +62 818 0808 5225

                            +62 813 2277 5225

e-mail                 : fadilahpo@gmail.com

Pekerjaan           : Karyawan Swasta

 

Riwayat Kepaskibraaan:

1990                  : Paskibra Kecamatan Rumpin sebagai Pembentang

1991                  : Paskibra Kecamatan Rumpin sebagai Komandan Pasukan

1992                  : Paskibraka Tingkat Propinsi Jawa Barat

1995-skrg          : Pelatih sekaligus Pembina PPKR


Selengkapnya: 

Download Profil Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kecamatan Rumpin