.
KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS "SEJAHTERA"



PROFIL

KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS SEJAHTERA


Kampung KB “Sejahtera” lahir dari inisiasi salah satu masyarakat Kp.Sampay di Desa Rabak pada tahun 2015. Inisiatif muncul ketika melihat kondisi kehidupan masyarakat sekitar pada waktu tersebut masih cenderung banyak tertinggal dari segi pendidikan, teknologi, maupun informasi. Berbekal upaya untuk memajukan masyarakat melalui gotong-royong serta swadaya yang ada, Ihsanudin mulai aktif menggerakan masyarakat dalam mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa melalui pemberdayaan sumber daya manusia pada delapan fungsi keluarga.

 

Pada tanggal 05 Mei tahun 2017, Kampung KB “Sejahtera” ditetapkan sebagai organisasi masyarakat mitra dalam pembangunan Desa Rabak melalui Surat Keputusan Kepala Desa Nomor 474.1/09/KPTS/V/2017 dengan melibatkan beberapa masyarakat yang tergabung dalam delapan (8) bidang, meliputi bidang keagamaan, pendidikan/ sosialisasi, reproduksi, ekonomi, perlindungan, kasih saying, sosial budaya, dan pembinaan lingkungan.

 

Selama beberapa tahun, Kampung KB “Sejahtera” telah beroperasi dan memberikan dampak positif dalam pembangunan masyarakat di Desa Rabak melalui partisipasi aktif pengurus bersama masyarakat dengan menjalankan program-program kerja baik yang diinisiasi secara mandiri maupun turunan program dari Pemerintah Kabupaten Bogor hingga Desa Rabak. Pada tanggal 12 Desember 2022, Kampung KB “Sejahtera” melakukan pembaharuan dalam kepengurusan dan tata kelola organisasi yang ditetapkan berdasarakan Surat Keputusan Kepala Desa Rabak Nomor 474.1/11/KPTS/XII/2022.

 

Realisasi kegiatan yang telah dilaksanakan mampu memberdayakan masyarakat mulai dari peningkatan taraf ekonomi, keterlibatan pembangunan, hingga pengentasan remaja putus sekolah dengan melaksanakan program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Selain itu, dampak yang dirasakan tidak hanya pada masyarakat lokal, namun mampu untuk menarik minat masyarakat luar desa yang memberi dampak langsung pada masyarakat sekitar melalui program live in yang sempat dilaksanakan dengan kunjungan pelajar dari luar desa untuk menginap di lokasi sambal belajar secara outdoor kepada masyarakat sekitar bagaimana bercocok tanam, melakukan budidaya ikan, dan aktivitas mayarakat lainnya.

 

Berbagai sponsor atau program CSR juga turut berpartisipasi dalam pengelolaan kegiatan di Kampung KB. Bantuan baik infrastruktur maupun non infrastruktur telah diterima sehingga masyarakat merasakan manfaat dari keberadaan Kampung Kabagjaan “Sejahtera” di Desa Rabak.

 

Saat ini Kampung KB “Sejahtera” tengah berbenah dalam mengelola organisasi agar tertib administrasi, tertata, serta terstruktur dengan didampingi oleh DP3AP2KB, Pemerintah Kecamatan Rumpin, maupun Pemerintah Desa Rabak sehingga SDM yang ada memperoleh peningkatan kapasitas agar dampak yang dihasilkan melalui kegiatan Kampung KB bersama amsyarakat bisa memperluas dampaknya bahkan menjadi salah satu percontohan atau role model sebagai upaya menciptakan keluarga berkualitas di Kabupaten Bogor, terutama Kecamatan Rumpin.

 

 

SELENGKAPNYA:

Download Buku Profil Kampung Keluarga Berkualitas "Sejahtera"